Apa karakteristik informasi yang baik?
Selasa, 16 Juli 2019
contoh kriteria informasi yang baik dan benar,
karakteristik informasi yang baik,
keputusa yang tepat dan benar bergantung pada informasi yang akurat
Edit
Karakteristik informasi yang baik termasuk keakuratan, keandalan, dan aksesibilitas. Di bawah ini kita akan membahas lebih banyak karakteristik informasi yang baik secara terperinci.
Valid
Informasi Valid adalah informasi yang akurat dan andal sehingga tidak ada kesalahan atau kesalahan yang dapat dilakukan. Alasan untuk ini adalah bahwa jika informasi tidak valid, itu dapat menyebabkan keputusan yang salah dibuat.
Andal
Informasi yang dapat dipercaya adalah informasi yang dikumpulkan dari sumber yang sah dan tepercaya dan dapat diandalkan untuk menjadi benar. Contohnya adalah informasi penjualan dari departemen penjualan yang diberikan kepada departemen keuangan tentang angka penjualan untuk periode tertentu. Ini tepercaya dan valid karena berasal dari sumber internal.
Tepat
waktu Informasi tepat waktu adalah informasi yang diberikan untuk periode waktu yang benar. Keuntungan dan kerugian yang dianalisis oleh suatu perusahaan perlu mengakses angka penjualan saat ini dan tidak mengakses angka penjualan sebelumnya dari beberapa tahun yang lalu. Juga, informasi yang tepat waktu dapat menjadi informasi yang tersedia ketika dibutuhkan. Jika perusahaan ingin memeriksa angka penjualan untuk hari ini, informasi yang tepat waktu akan menjadi informasi dari mesin kasir, pada saat mereka menginginkannya sebagai contoh sistem informasi rumah sakit.
Fit for purpose Informasi
fit for purpose adalah informasi yang hanya relevan untuk tugas yang dihadapi. Jika sebuah bisnis dibuka di Birmingham, maka itu akan menjadi ide yang baik untuk melihat populasi di daerah sekitar tempat Anda ingin membuka. Jika Anda melihat populasi London maka informasi ini tidak akan sesuai dengan tujuan.
Dapat Diakses
Sama seperti jalan untuk penyandang cacat yang memastikan akses mudah, informasi yang dapat diakses harus disimpan dengan cara yang membuatnya mudah diakses pada saat dibutuhkan. Misalnya jika perlu satu jam untuk melihat angka-angka penjualan di mesin kasir dan mencetaknya, maka informasi itu tidak akan mudah diakses. Informasi yang baik harus mudah diakses karena pengguna perlu memilikinya dan ketika mereka membutuhkannya.
Informasi efektif biaya yang layak diinvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan bantuan dengan bisnis Anda akan menjadi informasi yang efektif biaya. Misalnya, jika Anda membayar survei yang harus dilakukan oleh perusahaan dan biayanya £ 1.000 dan informasi yang dikumpulkan meningkatkan laba Anda sebesar £ 1.500 maka ini dapat dilihat sebagai informasi yang hemat biaya. Meskipun jika Anda menghabiskan £ 50.000 dan hanya melihat peningkatan sebesar £ 100 bulan depan, ini tidak akan dilihat sebagai biaya yang efektif. Informasi yang biayanya lebih sedikit untuk disatukan daripada keuntungan dari menganalisis dan menggunakan informasi untuk meningkatkan laba adalah informasi yang efektif biaya.
Pengambilan
keputusan yang tepat dan benar bergantung pada informasi yang akurat. Jika mobil Anda menunjukkan bahwa Anda berjalan 20 mph lebih sedikit daripada yang sebenarnya Anda jalani maka ini dapat menyebabkan Anda melanggar hukum. Dengan cara yang sama jika departemen penjualan memberikan informasi penjualan yang tidak akurat kepada departemen keuangan, hal itu dapat mengakibatkan informasi pajak yang salah dan dapat membuat perusahaan bermasalah dengan petugas pajak.
Informasi yang relevan yang secara langsung berkaitan dengan kebutuhan bisnis. Jika toko roti melihat harga pasir, ini tidak akan menjadi informasi yang relevan (kecuali mereka entah bagaimana memasukkan pasir ke dalam produk mereka). Jika sebuah bisnis mencari cara untuk memotong biaya, mereka mungkin melihat tagihan yang masuk seperti listrik untuk mencoba dan melihat di mana mereka dapat menghemat uang. Melihat harga bahan yang mereka gunakan akan relevan dengan toko roti.
Tingkat Detail
Informasi yang diminta harus memiliki detail yang cukup untuk memberikan jawaban yang dapat diterima. Misalnya, jika manajer ingin melihat ringkasan angka penjualan selama enam bulan terakhir, informasi dengan tingkat detail yang tepat akan menunjukkan angka keseluruhan untuk setiap bulan ditambah total besar. Jika manajer menerima rincian lengkap dari semua penjualan untuk semua produk yang dijual dalam laporan besar, ini akan dilihat sebagai tingkat rincian yang salah dan tidak akan menjadi ringkasan. Penting untuk memahami apa yang diminta orang tersebut saat menyajikan informasi.
Sumber yang Andal
Informasi yang diperoleh untuk tujuan bisnis harus dikumpulkan dari sumber yang andal dan dapat dipercaya. Jika Anda menginginkan informasi tentang populasi Birmingham, maka Wikipedia mungkin tidak dilihat sebagai sumber yang dapat diandalkan 100%. Jika Anda meneliti data sensus pemerintah untuk Birmingham di situs web pemerintah maka ini akan dilihat sebagai sumber yang akurat.
Dapat dipahami oleh pengguna Informasi yang diberikan atau digunakan untuk tujuan bisnis harus dipahami oleh pengguna akhir. Jika seseorang dengan keterampilan IT yang sangat terbatas memanggil help-desk untuk mencoba dan menyelesaikan masalah pencetakan, berbicara dengan penelepon menggunakan jargon IT tidak akan dipahami oleh pengguna akhir. Memiliki empati dan mampu menempatkan diri pada posisi orang lain membantu Anda menjawab pertanyaan dengan cara yang bisa dimengerti orang lain.